Minggu, 14 Agustus 2022

Cara Kerja Otot

Pada materi pelajaran yang lalu, Kamu sudah mengetahui macam-macam dan ciri-ciri sel otot. Nah, pada pertemuan kali ini Kamu akan saya ajak untuk membicarakan “Cara Kerja Otot”. 

Kamu tentunya masih ingat bahwa rangka tubuh manusia merupakan tempat melekatnya otot dan sebagai alat gerak pasif. Untuk dapat bergerak, seperti berjalan, berlari, mengangkat lengan dan lain sebagainya, dibutuhkan otot untuk menggerakkannya. Oleh sebab itu otot disebut alat gerak aktif. 

Berapa jeniskah  cara kerja otot ? Cara kerja otot ada dua jenis yaitu antagonis dan sinergis. Mari kita bicarakan satu persatu.

a. Otot Antagonis 
Kerja otot secara antagonis adalah kerja otot yang saling berlawanan  seperti yang terjadi pada otot bisep dan otot trisep seperti terlihat pada gambar berikut.


Gambar 1 Mekanisme kerja dari otot bisep dan otot trisep

Jika otot bisep bekerja atau kontraksi, maka otot trisep akan mengendur atau relaksasi, dengan demikian lengan bawah akan terangkat naik.

Demikian pula sebaliknya, jika otot trisep bekerja (kontraksi), maka otot bisep akan mengendur (relaksasi). Lengan yang tadinya terangkat / naik, sekarang menjadi turun kembali.


b. Otot Sinergis 

Kerja otot secara sinergis yaitu kerja otot yang saling bersamaan. Misalnya menelungkup dan menengadahkan telapak tangan yang disebabkan oleh kontraksi otot-otot pronator yang terdapat pada lengan bawah. 


Gambar 2 Mekanisme kerja dari otot-otot pronator

Selesai sudah pembicaraan kita mengenai cara kerja otot. Sebelum kita mengakhiri pembahasan ini, coba Kamu perhatikan kembali gambar 1 diatas. Pada gambar lengan tersebut terdapat otot, tulang dan sendi. Dapatkah lengan bawah itu bergerak naik atau turun, seandainya tidak ada otot ? Atau bagaimana sebaliknya bila ada otot dan sendi, tetapi tidak ada tulang ? Bagaimana jawabanmu ? Nah, tentu saja jawabmu “tidak”. Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa : Bergeraknya bagian suatu tubuh melibatkan otot, tulang dan sendi



Kosakata
kontraksi otot : otot dalam keadaan bekerja, mengeras, memendek dan membesar.
relaksasi otot : otot dalam keadaan istirahat, mengendur, lunak dan memanjang.
otot antagonis : otot yang bekerjanya saling berlawanan.
otot sinergis : otot yang bekerjanya saling bersamaan.
otot pronator : otot yang terdapat pada lengan bawah.
otot bisep : otot yang bertendon dua.
otot trisep : otot yang bertendon tiga.

Rangkuman
- Ciri-ciri otot yang sedang kontraksi yaitu, memendek, mengeras dan membesar. Sedangkan ciri-ciri otot yang sedang relaksasi adalah, mengendur, lunak dan memanjang.
- Cara kerja otot secara antagonis yaitu, kerja otot yang saling berlawanan. Contohnya pada otot bisep dengan otot trisep.
- Cara kerja otot secara sinergis yaitu, kerja otot yang saling bersamaan. Misalnya pada otot-otot pronator.
- Bergeraknya suatu bagian tubuh melibatkan otot, tulang dan sendi.