Minggu, 21 Agustus 2022

Gangguan dan kelainan pada tulang

 Baiklah, untuk pembahasan terakhir pada kegiatan hari ini, kita akan membahas gangguan dan kelainan pada tulang. 


Apakah yang menyebabkan Gangguan dan Kelainan pada Tulang ? 

Sebagaimana organ-organ lainnya, rangka atau tulang manusia juga dapat mengalami gangguan atau kelainan. Pernahkah Kamu merasa sakit pada punggungmu setelah duduk lama? Hal itu menandakan bahwa posisi duduk yang salah dapat menyebabkan gangguan pada tulangmu. Gangguan dan kelainan pada tulang dapat disebabkan oleh kecelakaan, kekurangan gizi, kuman penyakit dan kebiasaan duduk kita yang salah. 

Kecelakaan dapat menyebabkan seseorang menderita patah tulang, retak tulang atau memar. Jika kecelakaan pada tulang tidak ditangani dengan baik dan benar oleh ahlinya, maka dapat menyebabkan kelainan pada tulang.

Kuman penyakit seperti virus juga dapat menyebabkan gangguan pada tulang. Penyakit tulang yang disebabkan oleh virus adalah penyakit polio. Pada masa bayi penyakit polio ini dapat dicegah dengan memberikan imunisasi polio yang diteteskan melalui mulut. Orang yang menderita penyakit polio ini dapat menyebabkan kelumpuhan. 

Kekurangan gizi dan faktor keturunan juga dapat menyebabkan gangguan dan kelainan pada tulang. Kekurangan gizi berupa vitamin D dan zat kapur pada makanan yang kita makan, dapat menyebabkan gangguan pada proses pembentukan se-sel tulang. Kekurangan vitamin D pada saat masa pertumbuhan (bayi) juga dapat menyebabkan kaki berbentuk X atau O. Pernahkah Kamu melihatnya. 

Gangguan dan kelainan pada tulang juga dapat disebabkan oleh kebiasaan duduk yang salah. Kebiasaan duduk yang salah dapat menyebabkan gangguan dan kelainan pada tulang punggung kita. Coba Kamu perhatikan berikut ini. 

Sikap duduk seperti gambar dibawah ini dapat menimbulkan gangguan dan kelainan tulang punggung yang disebut skoliosis. Yaitu, jika tulang punggung bengkok ke kiri atau bengkok ke kanan. 

Gambar 1 Skoliosis 

Kelainan tulang dengan sikap duduk seperti gambar dibawah ini disebut lordosis, yaitu tulang punggung terlalu bengkok ke depan.

Gambar 2 lordosis 

Selanjutnya adalah kelainan tulang yang disebut kifosis, yaitu jika tulang punggung terlalu bengkok ke belakang. Bentuk kelainannya seperti pada gambar dibawah. 

Gambar 3 Kifosis

Agar tidak terjadi kelainan pada tulang punggung kita, maka sebaiknya kita duduk dengan posisi yang benar. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Mulai sekarang bila Kamu sedang belajar, cobalah Kamu duduk dengan posisi yang benar.


Gambar 4 Perbandingan sikap duduk yang benar dan salah


Sikap duduk yang salah dapat menyebabkan kelainan pada tulang punggung, yaitu :

- skoliosis : jika tulang punggung bengkok ke kanan atau bengkok ke kiri.

- lordosis : jika tulang punggung terlalu bengkok ke depan

- kifosis : jika tulang punggung terlalu bengkok ke belakang

Nah, Siswa SMP, selesailah pembahasan kita mengenai  kelainan pada tulang. Mudah-mudahan Kamu dapat memahaminya. Jika belum dipahami, pelajarilah sekali lagi. Bagi yang sudah memahaminya, pahamilah kata-kata sukar dan rangkumannya. 


Kosakata

imunisasi : usaha menambah kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit.

Polio : penyakit tulang yang disebabkan oleh virus.

virus : salah satu kuman penyebab penyakit.


Rangkuman

- Kelainan dan gangguan pada tulang dapat disebabkan oleh kecelakaan, kuman penyakit, kekurangan gizi, dan sikap duduk yang salah.

- Sikap duduk yang salah dapat menyebabkan kelainan pada tulang punggung, yaitu skoliosis, lordosis dan kifosis.