Jumat, 12 Agustus 2022

Otot sebagai alat gerak aktif

Pada pelajaran sebelumnya Kamu sudah mempelajari rangka sebagai alat gerak pasif. Nah, kali ini Kamu akan saya ajak untuk mempelajari “Otot sebagai alat gerak aktif”. 

Didalam pelajaran yang lalu Kamu sudah mengetahui bahwa rangka tubuh manusia tersusun atas tulang-tulang yang saling berhubungan. Hubungan antar tulang disebut sendi. Sendi-sendi yang ada dalam tubuh manusia belum bisa bergerak kalau otot-ototnya tidak bekerja (berkontraksi) 

Otot dalam kehidupan kita sehari-hari disebut daging, karena merupakan kumpulan serabut-serabut otot. Serabut-serabut otot merupakan sel-sel otot yang bergabung menjadi satu membentuk berkas otot. Dan berkas otot bergabung membentuk otot (daging). Bagian dari ujung otot disebut tendon atau urat. Coba Kamu perhatikan gambar berikut ini. 


Gambar 1 Berkas otot dan tendon

Sekarang coba Kamu perhatikan gambar otot tubuh manusia berikut ini.

Gambar 2 Otot tubuh manusia 

Sel otot membentuk serabut otot. Kemudian serabut otot membentuk berkas otot. Kumpulan berkas otot bergabung membentuk otot atau daging.

Ada berapa macam sel otot itu ? Sel otot tubuh manusia ada tiga macam, yaitu sel otot polos, sel otot lurik dan sel otot jantung. Perhatikan perbefaan ketiga jenis otot tersebut pada gambar berikut.



Gambar 3. (a) sel otot lurik, (b) sel otot jantung dan (c) sel otot polos

a. Otot Polos 
Otot polos disebut juga otot alat-alat dalam tubuh, karena otot ini terletak pada saluran alat-alat dalam tubuh, sepertipada saluran pencernaan, pembuluh darah, saluran kelamin dan dinding rahim. 
Bagaimana ciri-cirinya? Untuk menjawabnya, coba Kamu perhatikan gambar 3 diatas.

Ciri-ciri otot polos : 

- Sel otot polos berbentuk gelendong, kedua ujung meruncing dan berinti satu; 

- Otot polos merupakan otot tak sadar, karena bekerjanya diluar kesadaran kita sehingga disebut juga dengan otot tak sadar ;

- Otot polos bekerjanya lambat, teratur dan tidak cepat lelah. 

 
b. Otot Lurik 
Otot lurik disebut juga otot rangka, karena otot ini melekat pada rangka (tulang). Perhatikan gambar 3 diatas.

Otot lurik mempunyai ciri-ciri:

- Sel otot lurik berbentuk selindris atau seperti tabung yang mempunyai bagian berselang-seling gelap suram dan terang sehingga tampak lurik 
- Berinti sel banyak
- Bekerja atas kesadaran kita atau menurut perintah otak sehingga disebut juga dengan otot sadar.


c. Otot Jantung 
Otot jantung merupakan otot istimewa. Mengapa otot jantung istimewa? Nah, untuk mengetahui keistimewaannya, coba Kamu perhatikan dan pahami gambar 3 diatas. 

Ciri-ciri otot jantung adalah :

- Berbentuk serabut lurik yang bercabang-cabang, inti selnya banyak terletak ditengah serabut
- Bekerja diluar kesadaran kita atau diluar perintah otak

Dari gambar dan ciri-cirinya kita dapat mengetahui keistimewaannya, yaitu otot jantung bentuknya seperti otot lurik tetapi bekerjanya seperti otot polos.

Otot jantung yang membentuk dinding jantung, bekerjanya sepanjang hayat manusia itu sendiri. Sewaktu bekerja, istirahat, tidur bahkan jika seseorang itu pingsan, otot jantung terus bekerja. 

Dapatkah Kamu pahami? Jika Kamu belum paham, pelajarilah sekali lagi! Kalau sudah dipahami pelajarilah kosakata dan rangkumannya.

Kosakata
tendon : bagian ujung dari otot, biasa disebut urat

Rangkuman
- Otot dalam kehidupan sehari-hari disebut daging. Otot merupakan alat gerak aktif. Otot dibangun oleh sel-sel otot yang berbentuk serabut. Kumpulan serabut otot membentuk berkas otot. Berkas otot bergabung menjadi otot (daging).
- Tubuh manusia tersusun oleh tiga macam otot, yaitu otot polos, otot lurik dan otot jantung.
- Otot polos berbentuk gelendong, berinti satu dan bekerjanya diluar kesadaran kita.
- Otot lurik berbentuk serabut, terdiri dari bagian gelap dan terang dan bekerjanya atas kesadaran kita.
- Otot jantung merupakan otot istimewa karena bentuknya seperti otot lurik dan bekerjanya seperti otot polos.